Mengenal Pantun Dan Jenis-Jenisnya

HobiPantun – Halo teman-teman, pada kesempatan kali ini mari kita lebih mengenal pantun berserta dengan jenis-jenisnya agar wawasan kita mengenai pantun bertambah lagi.

Yuk, simak di bawah ini !

 

apa itu pantun
Pantun itu puisi lama yang menjadi salah satu jenis karya sastra yang ada di Indonesia.
Kata pantun sendiri berasal dari bahasa Minangkabau yaitu “patuntun” yang memiliki makna penuntun. Ternyata selain dikenal dari bahasa Minangkabau, pantun juga memiliki kata yang unik dalam tiap-tiap bahasa daerah di Indonesia, berikut ini contoh kecilnya.
  •   Dalam bahasa Jawa disebut dengan parikan
  •   Dalam bahasa Sunda disebut dengan paparikan
  •   Dalam bahasa Batak disebut dengan umpasa

Sebagai salah satu puisi lama dalam kesastraan Indonesia, pantun memiliki struktur atau ciri-ciri unik yang membedakan dirinya dengan karya sastra lainnya. Yuk, saya beri satu contoh pantun beserta dengan strukturnya

Siang-siang sembunyi di semak belukarBersembunyi menahan laparKalau kamu malas dalam belajarCita-cita takkan terkejar. Nah dari contoh pantun di atas, kita bisa melihat strukturnya antara lain :

  • Setiap pantun terdiri atas empat baris (4 baris).
  •   Setiap baris terdiri atas 4-12 suku kata, sebenarnya untuk sekarang ini jumlah suku katanya tidak terbatas, jadi disesuaikan saja dengan iramanya.
  •   Bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a tidak boleh bersajak a-a-b-b atau a-b-b-a.
Dari pantun di atas tersusun dari 4 baris, yang dimana 2 baris pertama disebut dengan sampiran, 2 baris kemudian disebut dengan isi yang mengandung pesan maupun tujuan dari pantun tersebut. Diantara sampirandan isi biasanya tidak memiliki hubungan apapun diantara keduanya.

Jenis-Jenis Pantun

Selepas mengenal pantun beserta dengan strukturnya, sekarang kita perlu untuk mengenal jenis-jenis pantun dalam kesastraan Indonesia. Berdasarkan dengan tujuannya, pantun itu memiliki banyak jenisnya, namun pada konten ini kita hanya belajar ke beberapa contoh jenis saja ya.

Pantun Nasehat

Pantun ini biasanya mengandung pesan-pesan nasihat yang baik.
Contohnya :

Keluar kapal naik kapalWarna kuning warna merahJadi murid janganlah nakalAgar Ibu guru tidaklah marah

Pantun Jenaka

Pantun ini biasanya mengandung pesan-pesan atau hal-hal lucu yang bertujuan untuk membuat orang yang mendengarnya tertawa.
Contohnya :

Berolahraga berkali-kaliSetelah itu makan ikan tongkolAku tersenyum malu sekaliIngat dulu suka mengompol

Pantun Cinta

Pantun ini biasanya mengandung makna cinta yang mendalam dan digunakan pada pasangan yang bertujuan untuk menunjukkan cinta kita kepada dirinya.
Contohnya :

Buaya darat berkata merduDi dalam air yang membisuSungguh berat hari-harikuDirundung rindu sepanjang waktu.

Mengenal pantun berarti kita juga mengenal negara kita karena pantun pun juga merupakan bagian dari negara kita.
Nah itulah konten singkat mengenai pengenalan pantun beserta dengan jenis-jenisnya yang bisa kalian baca pada konten ini.

Baca Juga : Pantun Teka-Teki Beserta Jawabannya, Buat Main Tebak-Tebakan

About the author: admin

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.